IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam <div class="journal-description"> <p><strong>IJAM-Edu : Indonesian Journal of Administration or Management in Education</strong> [e-ISSN:3089-6037 (online)] adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang sejak tahun 2023 dan publish pertama pada bulan Maret 2024. IJAM-Edu merupakan media komunikasi yang terintegrasi dan berkelanjutan terkait temuan-temuan penelitian baru yang signifikan dan inovatif dalam administrasi atau manajemen pendidikan, meliputi: inovasi pengelolaan kurikulum, siswa, guru, pegawai, sarana dan prasarana, dan keuangan yang ada di Indonesia.</p> <p>IJAM-Edu menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian yang bersifat komprehensif dengan mengundang review dari para ahli terkemuka di bidangnya. Makalah yang masuk akan diseleksi berdasarkan kajian ilmiah yang tinggi, memberikan pengetahuan baru yang penting, dan sangat menarik bagi masyarakat di bidang pendidikan. IJAM-Edu telah menjadi anggota CrossRef dengan DOI: 10.24036/IJAM-Edu-unp.0000 sehingga semua artikel yang diterbitkan oleh IJAM-Edu akan memiliki nomor DOI yang unik.</p> <p>IJAM-Edu pertama kali terbit pada tahun 2024 dan terbit secara rutin empat kali dalam setahun. IJAM-Edu terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia, dengan peringkat Peringkat ... (Peringkat 0, Sinta 0) dari 202.. berdasarkan Surat Keputusan No. 00/0/000/0000.</p> </div> en-US syahril@fip.unp.ac.id (Syahril) hadeafriansyah@fip.unp.ac.id (Hade Afriansyah) Thu, 02 Oct 2025 14:13:44 +0000 OJS 3.3.0.12 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran di SMK Negeri 1 Linggo Sari Baganti https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/180 <p>Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah segenap pengaturan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh lembaga pendidikan, dan pengaturan dilakukan dengan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik penentuan informan dipilih secara <em>purposive sampling. </em>Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, dan enam orang tenaga administrasi sekolah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran sudah berjalan cukup baik, antara lain: (1) perencanaan yang melibatkan <em>stakeholder </em>sekolah, (2) pengadaan yang berdasarkan kebutuhan, (3) penyusunan daftar inventaris yang teratur dan tertib, (4) penyimpanan sarana dan prasarana yang berdasarkan jenis dan fungsi barang, (5) pendistribusian barang dengan prosedur yang jelas, (6) pemeliharaan yang dilakukan secara rutin dan berkala, dan (7) penghapusan yang dilakukan sesuai dengan prosedur penghapusan.</p> Dani Tiara, Irsyad, Jasrial, Singgih Ginanjar Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/180 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Iklim Organisasi di Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/181 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang peneliti lakukan di dinas perhubungan provinsi Sumatera barat yang menunjukkan terdapat iklim organisasi yang belum kondusif di organisasi tersebut. penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang iklim organisasi dari 1) tanggung jawab pegawai dalam bekerja, 2) kehangatan antar pegawai, 3) dukungan dalam pekerjaan, dan 4) konflik dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah pegawai dinas perhubungan provinsi Sumatera barat yang berjumlah 106 orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan Teknik proportional random sampling berjumlah 85 orang pegawai. Instrument penelitian yang digunakan adalah adalah angket model skala likert dengan lima pilihan jawaban yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa iklim organisasi berada pada kategori “baik”, dengan skor rata-rata sebagai berikut: tanggung jawab pegawai dalam bekerja (4,20), kehangatan antar pegawai (4,40), dukungan dalam pekerjaan (4,16), dan konflik dalam organisasi (4,25). Secara keseluruhan, skor rata-rata iklim orgaisasi adalah 4,26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi di dinas perhubungan provinsi Sumatera barat sudah menunjukkan iklim yang kondusif.</p> Atia Imaninti Gading, Sulastri, Syahril, Hendri Budi Utama Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/181 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Semangat Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 10 Agam Tahun Pelajaran 2024/2025 https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/182 <p>Semangat belajar siswa merupakan dorongan dari dalam diri maupun pengaruh lingkungan yang membuat siswa giat, tekun, dan tidak mudah menyerah dalam belajar. Semangat belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah iklim sekolah. Iklim sekolah merupakan ciri khas yang dimiliki sekolah untuk menunjang keberhasilan akademik dan non-akademik seluruh warganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap semangat belajar siswa kelas VIII di MTsN 10 Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 10 Agam yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Semangat belajar siswa berada pada kategori baik; 2) Iklim sekolah juga berada pada kategori tinggi; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada iklim sekolah terhadap semangat belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap semangat belajar siswa kelas VIII di MTsN 10 Agam.</p> Qalby Zikra Ihsani, Hadiyanto, Rifma, Singgih Ginanjar Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/182 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Persepsi Guru Terhadap Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi di SMAN dan SMKN se-Batusangkar https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/183 <p>Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi yang ada di lapangan terkait pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) urusan kurikulum. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap pelayanan TAS urusan kurikulum berbasis Teknologi informasi di SMAN dan SMKN se-Batusangkar yang dilihat dari aspek ketanggapan, kemudahan, dan ketersediaan informasi. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah guru SMAN dan SMKN se-Batusangkar yang berjumlah 208 orang. Sampel penelitian sebanyak 72 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket sebanyak 42 item pernyataan dengan model semantic differential. Data diolah dengan menggunakan rumus mean dan TCR(%). Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi guru terhadap pelayanan TAS urusan kurikulum berbasis teknologi informasi dilihat dari ketanggapan pelayanan yaitu 4,09 dengan TCR (81,8%) kategori baik, dilihat dari kemudahan pelayanan yaitu 4,11 dengan TCR (82,2%) kategori baik, dan dilihat dari ketersediaan informasi yaitu 4,12 dengan TCR (82,4%) kategori baik.</p> Devi Fauzia, Rusdinal, Hade Afriansyah, Fifin Wildanah Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/183 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Persepsi Siswa tentang Pelayanan Pegawai Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bukittinggi https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/185 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai persepsi siswa terkait: (1) pelayanan sirkulasi, (2) pelayanan referensi, (3) pelayanan bimbingan kepada pengguna. Adapun pertanyaan penelitian yang digunakan adalah seberapa baik persepsi siswa tentang pelayanan pegawai perpustakaan di MAN 2 Buittinggi yang dilihat dari yaitu: 1) pelayanan sirkulasi perpustakaan, 2) pelayanan referensi perpustakaan, 3) pelayanan bimbingan kepada pengguna perpustakaan.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi MAN 2 Bukittinggi kelas X. XI, XII yang sudah pernah berkunjung ke perpustakaan sekolah, yang berjumlah 438 orang siswa. Besaran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik <em>Proportionate Stratified Random Sampling</em> dengan jumlah 85 orang siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket model skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS23. Uji coba dilakukan kepada 20 orang siswa dengan 34 item soal yang keseluruhannya dinyatakan valid dan reliable. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskripstif dengan rumus Mean (rata-rata).</p> <p>Hasil analisis dan pengolahan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pelayanan pegawai perpustakaan di MAN 2 Bukittinggi dapat dilihat dari indikator berikut: (1) pelayanan sirkulasi sudah baik dengan skor rata-rata 4,14, (2) pelayanan referensi juga sudah baik dengan skor rata-rata 4,21, dan (3) pelayanan bimbingan kepada pengguna juga sudah baik dengan skor rata-rata 4,07. Secara keseluruhan persepsi siswa tentang pelayanan pegawai perpustakaan di MAN 2 Bukittinggi sudah baik dengan skor rata-rata sebesar 4,14. Simpulannya bahwa persepsi siswa tentang pelayanan pegawai perpustakaan di MAN 2 Bukittinggi telah berjalan dengan baik.</p> Cahyani Wulandari, Ermita, sulastri, Widiawati Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/185 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Persepsi Guru terhadap Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMK Negeri Kecamatan Lubuk Basung https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/193 <p>&nbsp;Penelitian ini dilatarbelakangi terkait pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru di SMK Negeri Kecamatan Lubuk Basung. Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh skor rata-rata proses pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan skor 4,25, skor rata- rata teknik pelaksanaan supervisi akademik yaitu 4,15, skor rata-rata pendekatan pelaksanaan supervisi akademik yaitu 4,23, skor rata-rata tindak lanjut pelaksaan supervisi akademik yaitu 4,23. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah sudah berjalan baik dengan skor 4,22</p> Ilham ramadhan, Sulastri Sulastri , Widiawati Widiawati Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/193 Thu, 02 Oct 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Komitmen Pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/187 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena iklim kerja yang kurang <br />optimal seperti peratian dan apresiasi pimpinan, kurangnya keamanan, <br />serta fasilitas kerja yang terbatas di Dinas Perindustrian dan Perdagangan <br />Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi <br />iklim organisasi, komitmen pegawai dan pengaruh iklim organisasi <br />terhadap komitmen pegawai. Penelitian ini menggunakan metode <br />kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan teknik total sampling <br />dengan jumlah responden sebanyak 54 pegawai. Instrumen penelitian <br />berupa angket dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan <br />reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim kerja berada <br />pada kategori baik (87%) dan komitmen pegawai juga dalam kategori <br />tinggi (86%). Terdapat hubungan signifikan antara iklim organisasi dan <br />komitmen pegawai dengan hasil uji coba angket dan taraf signifikansi 5% <br />(0,444) yaitu item 45 variabel X (iklim organisasi) dan 35 item variabel Y<br />(komitmen pegawai) valid. Kesimpulannya, iklim organisasi berpengaruh <br />secara signifikan terhadap komitmen pegawai di Dinas Perindustrian dan <br />Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.</p> Ramdani Ali Ramdani Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/187 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000 Persepsi Guru terhadap Kompetensi Tenaga Administrasi di SMK Negeri se Kota Payakumbuh https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/190 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap kompetensi tenaga administrasi di SMK Negeri se-Kota Payakumbuh. Kompetensi tenaga administrasi yang dikaji mencakup aspek manajerial, sosial, kepribadian, dan teknis yang memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran operasional sekolah dan kualitas layanan administrasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 120 guru, sedangkan sampel ditentukan sebanyak 55 guru menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan persepsi guru serta korelasi untuk melihat hubungan antarvariabel kompetensi tenaga administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi teknis memperoleh skor rata-rata tertinggi sebesar 4,49 dengan kategori mampu, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi. Kompetensi sosial dan kepribadian memiliki rata-rata 4,37 dengan kategori mampu, unggul pada aspek komunikasi sopan, sikap ramah, profesionalisme, dan integritas, namun masih memerlukan peningkatan pada kemampuan adaptasi dan pengendalian emosi. Sementara itu, kompetensi manajerial memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan kategori mampu, cukup baik pada perencanaan dan pengorganisasian, tetapi masih lemah dalam menciptakan iklim kerja kondusif. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menilai tenaga administrasi di SMK Negeri se-Kota Payakumbuh telah memiliki kompetensi yang baik, dengan keunggulan pada aspek teknis.</p> Tiara Marsalena Copyright (c) 2025 IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) https://ijam-edu.ppj.unp.ac.id/index.php/ijam/article/view/190 Tue, 30 Sep 2025 00:00:00 +0000