ARTIKEL KLP 1 IJAM-EDU (Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru)

Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Meiliza Rahma Afrizul Universitas Negeri Padang
  • Ade Sukraini Universitas Negeri Padang
  • M. Rinaldi Universitas Negeri Padang
  • Syadila Armeza Putri Universitas Negeri Padang
  • Dina Rahmawati Universitas Negeri Padang

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Kepala sekolah merupakan kunci bagi pengembangan dan peningkatan kualitas bagi suatu sekolah karena fungsinya sebagai pemimpin sangat berpengaruh bagi keberlangsungan proses belajar mengajar. Oleh karena itu diperlukan sosok kepala sekolah yang tangguh dan memiliki kompetensi yang mendukung tugasnya dalam proses pendidikan. Keterlaksanaan pembelajaran yang baik tidak terlepas dari peran kepala sekolah selaku manajer dalam instansi sekolah. Artikel ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah tatacara pengkajian yang berikatan dengan beberapa orang, objek, sistem pemikiran atau suatu peristiwa sesaat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sangat penting untuk meingkatkan kualitas guru di sekolah, karena guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam pendidikan pada umumnya, karena guru memegang tanggung jawab dalam proses pembelajaran, di mana proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan. Kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh tinggi untuk menentukan arah jalan kebijakan yang ada di sekolah dalam memaksimalkan pencapainbahwa kepemimpinan kepala sekolah sangat penting untuk meingkatkan kualitas guru di sekolah tersebut karena guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam pendidikan pada umumnya, karena guru memegang tanggung jawab dalam proses pembelajaran, di mana proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles