Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

Authors

  • Melni Gusva Fitri Ani Mahasiswa

Keywords:

kepemimpinan kepala sekolah, evaluasi

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan di suatu sekolah bisa disebabkan oleh kurang terlaksananya evalusi diri sekolah yang dilakukan oleh satuan pendidikan tertentu dan tentunya dalam pelaksanaan evaluasi diri sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah sangat dibutuhkan. Rendahnya mutu pendidikan akan berdampak pada lulusan atau output yang akan dihasilkan. Untuk itu tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk melihat dampak dari peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan evaluasi diri sekolah yang dilaksanakan oleh sekolah tersebut terhadap peningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berupa studi kepustakaan yang dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang relevan bersumber dari buku, jurnal dan sumber internet lainnya yang berkaitan dengan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan evaluasi diri sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan. Dilihat dari definisinya, maka Evaluasi Diri Sekolah (EDS) merupakan proses pengevaluasian yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jadi dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam kegiatan evaluasi diri sekolah sangat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Downloads

Published

2024-03-23

Issue

Section

Articles