Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Semangat Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 10 Agam Tahun Pelajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.24036/ijam-edu.2.3.382-388Keywords:
iklim sekolah, semangat belajarAbstract
Semangat belajar siswa merupakan dorongan dari dalam diri maupun pengaruh lingkungan yang membuat siswa giat, tekun, dan tidak mudah menyerah dalam belajar. Semangat belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah iklim sekolah. Iklim sekolah merupakan ciri khas yang dimiliki sekolah untuk menunjang keberhasilan akademik dan non-akademik seluruh warganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap semangat belajar siswa kelas VIII di MTsN 10 Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 10 Agam yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Semangat belajar siswa berada pada kategori baik; 2) Iklim sekolah juga berada pada kategori tinggi; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada iklim sekolah terhadap semangat belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap semangat belajar siswa kelas VIII di MTsN 10 Agam.