Persepsi Guru Terhadap Pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi di SMAN dan SMKN se-Batusangkar
Keywords:
Persepsi, Guru, Pelayanan, TAS, KurikulumAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih adanya kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi yang ada di lapangan terkait pelayanan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) urusan kurikulum. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap pelayanan TAS urusan kurikulum berbasis Teknologi informasi di SMAN dan SMKN se-Batusangkar yang dilihat dari aspek ketanggapan, kemudahan, dan ketersediaan informasi. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah guru SMAN dan SMKN se-Batusangkar yang berjumlah 208 orang. Sampel penelitian sebanyak 72 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket sebanyak 42 item pernyataan dengan model semantic differential. Data diolah dengan menggunakan rumus mean dan TCR(%). Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi guru terhadap pelayanan TAS urusan kurikulum berbasis teknologi informasi dilihat dari ketanggapan pelayanan yaitu 4,09 dengan TCR (81,8%) kategori baik, dilihat dari kemudahan pelayanan yaitu 4,11 dengan TCR (82,2%) kategori baik, dan dilihat dari ketersediaan informasi yaitu 4,12 dengan TCR (82,4%) kategori baik.