Evaluasi Kinerja Manajemen Satuan Pendidikan Dalam Mewujudkan Sekolah Berbasis Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.24036/ijam-edu.1.142-147Keywords:
Manajemen Satuan Pendidikan, Kinerja, Komitmen, Sumber Daya Manusia, EvaluasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja manajemen satuan pendidikan dalam mewujudkan sekolah berbasis lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus pada satu sekolah yang telah menerapkan program sekolah berbasis lingkungan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja manajemen satuan pendidikan dalam mewujudkan sekolah berbasis lingkungan masih belum optimal. Hal ini terlihat dari beberapa indikator, yaitu: (1) belum adanya komitmen yang kuat dari pihak manajemen sekolah, (2) belum memadainya sumber daya manusia dan sarana prasarana, (3) belum terintegrasinya program sekolah berbasis lingkungan dalam kurikulum dan pembelajaran, dan (4) belum adanya sistem monitoring dan evaluasi yang efektif. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar manajemen satuan pendidikan perlu meningkatkan komitmennya dalam mewujudkan sekolah berbasis lingkungan. Selain itu, perlu dilakukan penguatan sumber daya manusia dan sarana prasarana, serta integrasi program sekolah berbasis lingkungan dalam kurikulum dan pembelajaran. Diperlukan pula sistem monitoring dan evaluasi yang efektif untuk memastikan keberhasilan program sekolah berbasis lingkungan.