Persepsi Guru terhadap Kompetensi Tenaga Administrasi di SMK Negeri se Kota Payakumbuh
Kata Kunci:
Persepsi Guru, Kompetensi Tenaga Administrasi, SMK NegeriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap kompetensi tenaga administrasi di SMK Negeri se-Kota Payakumbuh. Kompetensi tenaga administrasi yang dikaji mencakup aspek manajerial, sosial, kepribadian, dan teknis yang memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran operasional sekolah dan kualitas layanan administrasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 120 guru, sedangkan sampel ditentukan sebanyak 55 guru menggunakan rumus Slovin. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan persepsi guru serta korelasi untuk melihat hubungan antarvariabel kompetensi tenaga administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi teknis memperoleh skor rata-rata tertinggi sebesar 4,49 dengan kategori mampu, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi. Kompetensi sosial dan kepribadian memiliki rata-rata 4,37 dengan kategori mampu, unggul pada aspek komunikasi sopan, sikap ramah, profesionalisme, dan integritas, namun masih memerlukan peningkatan pada kemampuan adaptasi dan pengendalian emosi. Sementara itu, kompetensi manajerial memperoleh skor rata-rata 4,30 dengan kategori mampu, cukup baik pada perencanaan dan pengorganisasian, tetapi masih lemah dalam menciptakan iklim kerja kondusif. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menilai tenaga administrasi di SMK Negeri se-Kota Payakumbuh telah memiliki kompetensi yang baik, dengan keunggulan pada aspek teknis.