Analisis Kebutuhan Pengembangan Organisasi Bagi Guru dan Tenaga Pendidik di Sekolah Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.24036/ijam-edu.1.293-298Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan organisasi bagi guru dan staf kependidikan di empat sekolah di Sumatera Barat, dengan fokus pada aspek personal, kelompok, organisasi, dan skala luas. Metode yang digunakan mencakup pendekatan kuantitatif dan kualitatif, melalui survei dan wawancara untuk mengumpulkan data dari para guru dan staf kependidikan. Di Sekolah A, hasil kuantitatif menunjukkan kebutuhan terbesar adalah pengembangan skala luas, diikuti oleh kebutuhan organisasi dan kelompok. Di Sekolah B, pendekatan kualitatif menunjukkan adanya keinginan yang kuat di antara para responden untuk pengembangan organisasi yang dapat meningkatkan manfaat pribadi dan efisiensi organisasi. Di Sekolah C, kebutuhan terbesar diidentifikasi pada aspek pribadi dan organisasi. Sementara itu, penelitian di Sekolah D menyoroti pentingnya pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), komunikasi internal yang lebih sinergis, dan kolaborasi eksternal dengan orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Temuan-temuan ini menekankan bahwa pengembangan organisasi yang difokuskan pada kemampuan profesional guru, komunikasi internal, dan kolaborasi eksternal dapat berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas pendidikan di masing-masing sekolah.